LLAT 1Akhir tahun anggaran merupakan masa yang spesial bagi para Pengelola Keuangan Satuan Kerja. Dikatakan spesial karena pada akhir tahun volume pekerjaan dapat dipastikan selalu meningkat, sehingga para pengelola keuangan satker harus bekerja ekstra, bahkan sampai larut malam. Disamping volume pekerjaan meningkat, pada akhir tahun dipenuhi ketentuan tentang batas-batas waktu penyampaian SPM, Data Kontrak, Revisi Anggaran, RPD Harian, dan sebagainya. 

Untuk mewujudkan pelaksanaan anggaran pada akhir tahun 2019 dapat berjalan lancar dan sekaligus sebagai langkah mitigasi terhadap resiko terjadi kendala pelaksanaan anggaran pada akhir tahun 2019, KPPN Bitung menggelar Sosialisasi Langkah-Langkah Akhir Tahun (LLAT) Anggaran 2019 pada tanggal 1 dan 2 Oktober 2019 bertempat di Aula KPPN Bitung. Acara yang dibuka secara langsung oleh kepala KPPN Bitung tersebut diikuti oleh para PPK dan Bendahara pengeluaran dari seluruh satker di wilayah kerja KPPN Bitung.

LLAT 3Kepala KPPN Bitung, Vicensia Retnasari, dalam kata sambutannya, mengatakan bahwa pada akhir tahun anggaran 2019 terdapat beberapa hal baru yang tidak diatur pada akhir tahun sebelumnya. Pertama, adanya pengaturan penyampaian RPD Harian seluruh transaksi pada bulan November dan Desember 2019 yang mana RPD Harian tersebut menjadi pagu pencairan tertinggi yang bisa direalisasikan satker. Kedua, pada akhir tahun 2019 satker-satker sudah mengimplementasikan Kartu Kredit Pemerintah (KKP), sehingga perlu memberikan pemahaman lebih spesifik tentang KKP kepada satker. Ketiga, Pada tahun 2019 juga terdapat implementasi SAKTI tahap Pendaftaran User dan Modul Admin yang tentunya memerlukan tindak lanjut oleh satker, khususnya dalam rangka persiapan pendaftaran user SAKTI.

LLAT 2Acara Sosialisasi yang dimulai pada pukul 09:00 sampai Pukul 12:00 WITA tersebut berjalan dengan baik dengan narasumber Kepala Seksi PDMS , Akhmad Zainuddin, yang menyampaikan materi LLAT 2019 dan salah satu staff Seksi PDMS KPPN Bitung, Octa Dimas Qotrunnada, yang membawakan materi Pendaftaran User SAKTI. Untuk mencapai efektivitas sosialisasi LLAT 2019, kepada para peserta dibagikan handout materi dan leaflet LLAT 2019. Disamping itu, KPPN Bitung telah menyediakan form-form yang diperlukan dalam format word serta panduan-panduan ringkas yang dapat diunduh melalui website kppnbitung.net.