Profesionalitas dalam aktivitas pelayanan selalu ditekankan di KPPN Bitung. Dengan berpegang makna profesionalisme pada Nilai-Nilai Kementerian Keuangan, KPPN Bitung telah mengambil beberapa langkah-langkah untuk meningkatkan profesionalitas pegawainya, khususnya para Petugas FO, CSO, dan TMR yang setiap berhadapan langsung dengan para pemangku kepentingan. Langkah-langkah yang telah ditempuh untuk mewujudkan pelayanan yang profesional tersebut adalah :

Morning Call

Setiap hari Senin dan Kamis, dilaksanakan kegiatan morning call sebagai media penyampaian informasi terkini kepada para pegawai. Selain itu, morning call juga digunakan sebagai sarana memotivasi para pegawai agar tetap semangat dalam menjalankan tugas yang semakin berat di tengah keterbatasan sumber daya yang dimiliki. Morning call juga digunakan sebagai sarana penyamapaian usul dari para pegawai kepada pimpinan tentang berbagai hal terkait kegiatan KPPN Bitung.

Sharing Session

Sebelumnya para pegawai lebih mengenal istilah Gugus Kendali Mutu (GKM) yang intinya suatu kegiatan penyampaian informasi dan diskusi yang membahas topik tertentu yang terkait tugas dan fungsi KPPN. Sejak tahun 2019 istilah GKM diubah menjadi Sharing Session untuk menyesuaikan dengan manual IKU Tahun 2019 yang menggunakan istilah tersebut. Sharing Session dilaksanakan setiap minggu dengan frekuensi disesuaikan dengan kondisi paling sedikit satu kali dalam satu minggu. Apabila banyak hal baru yang terbit pada bulan tersebut, kegiatan sharing session dilakukan beberapa kali dalam satu minggu. Melalui kegiatan sharing session ini peraturan terbaru senantiasa diikuti oleh para Petugas FO, CSO, dan TMR, sehingga pengetahuan teknisnya selalu ter-update.

Manajemen Antrian

KPPN Bitung sejak tahun 2018 telah menerapkan manajemen antrian dalam pelayanan pencairan dana, yaitu dengan membuka loket FO Konversi cadangan apabila jumlah antrian lebih dari lima satker. Untuk mengimplementasikan kebijakan tersebut, telah disetiakan loket FO Konversi Cadangan dalam kondisi siap digunakan sewaktu-waktu dengan dilengkapi peralatan yang diperlukan. Untuk mendukung kebijakan tersebut, disiapkan para petugas FO Konversi Cadangan yang telah memiliki kompetensi dan juga user id sebagai Petugas FO Konversi.

Personality

Untuk memberikan kesan yang sangat baik bagi para pemangku kepentingan, para Petugas FO KPPN Bitung dtuntut mampu menampilkan perilaku, watak, dan karakter yang mengesankan sebagai petugas FO yang profesional. Untuk mewujudkan personality para Petugas FO, setiap tahun juga selalu diadakan service excellence training yang bekerja sama dengan pihak perbankan. Disamping itu, dalam hal kelengkapan berpakaian dan sebagainya juga selalu ditekankan melalui penegakan kode etik yang selalu dimonitor oleh Seksi Kepatuhan Internal.

Layanan Konsultasi di Luar Jam Kerja

Jumlah para petugas pengelola keuangan Satker pada umumnya terbatas, sehingga sering terjadi rangkap tugas, bahkan ada beberapa yang terjadi rangkap jabatan sebagai Pejabat Perbendaharaan dan Pejabat Struktural. Akibat dari rangkap tugas dan jabatan tersebut adalah pekerjaan sering tidak bisa diselesaikan pada jam kerja, sehingga harus dilakukan kerja lembur pada malam hari atau pada hari libur. Berangkat dari kondisi tersebut, untuk membantu para Pengelola Keuangan Satker yang sedang kerja lembur dan menemui hambatan teknis saat menyelesaikan tugas-tugasnya, para Petugas CSO KPPN Bitung siap memberikan pelayanan konsultasi di luar jam kerja melalui WhatsApp atau telepon.