“Semarak Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2016 di KPPN Bitung”

Bitung, 08 - 21 Januari  2016

 

 

Tanggal 14 Januari 2016 merupakan hari spesial bagi segenap Insan Perbendaharaan seluruh Indonesia. Hari itu merupakan tonggak awal peringatan Hari Bakti Perbendaharaan yang diperingati secara serempak untuk pertama kalinya oleh segenap pegawai Ditjen Perbendaharaan yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

 

14 Januari merupakan tanggal bersejarah bagi terbentuknya organisasi Direktorat Jenderal Perbendaharaan. 14 Januari 2004 adalah tanggal diundangkannya UU Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara dan mulai saat itu Ditjen Perbendaharaan ditetapkan sebagai Bendahara Umum Negara dalam pengelolaan Keuangan Negara.

Mengapa Hari Bakti bukan Hari Ulang Tahun?  Tentunya ini mengandung makna lebih dalam daripada sekedar perayaan u;ang tahun biasa. Hari Bakti merupakan ajang bagi Insan Perbendaharaan seluruh Indonesia untuk mangaktualisasikan sebentuk pengabdiannya kepada masyarakat setempat di mana insan Perbendaharaan hadir dan berkarya mengemban amanah selaku pengelola APBN dalam menjalankan tugas negara untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Berbagai kegiatan diadakan dalam rangka memperingati Hari Bakti Perbendaharaan yang baru pertama kali diperingati ini dengan mengusung tema utama “ Ciptakan Solusi melalui Inovasi, Wujud Bakti Insan Perbendaharaan kepada Negeri”.  

Kegiatan Utama yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia adalah Focus Group Discussion (FGD) pada hari Kamis 14 Januari 2016 dengan Topik “Penajaman Peran Ditjen Perbendaharaan Menjawab Tantangan Kekinian dan Masa Depan dalam Perspektif UU Perbendaharaan Negara” diadakan dengan mengambil tempat di Aula KPPN Bitung, mengundang para Pimpinan Satker dan Bank/Pos Persepsi mitra KPPN Bitung pada hari Kamis tanggal 14 Januari 2016. Dalam Forum diskusi ini Kepala KPPN Bitung Bapak Eko Permono Adi memaparkan perjalanan organisasi Ditjen Perbendaharaan dari masa ke masa hingga bertransformasi menjadi organisasi yang dinamis dan modern seperti terwujud sekarang ini dengan menghadirkan 4 (empat)  layanan unggulan yaitu SPAN, MPN G2, Akuntansi berbasis Akrual serta Treasury Dealing Room. Kehadiran organisasi modern ini memerlukan kesiapan SDM yang profesional, bisnis proses yang modern serta menerapkan prinsip-prinsip Good Governance dalam pelaksanaan fungsi-fungsi Treasury.  FGD yang dimoderatori oleh Kepala Seksi Vera KI Bapak Royke Sumampouw ini dimaksudkan pula untuk mendapatkan masukan dari stakeholders dan mitra kerja KPPN Bitung dalam rangka perbaikan mutu layanan dan peningkatan kepuasan di masa mendatang.

 

Suasana ulang tahun cukup mewarnai kegiatan Hari Bakti Perbendaharaan ini dengan hadirnya dekorasi indah di ruangan layanan Front Office maupun Aula KPPN Bitung. Ini menambah semaraknya tampilan kantor yang berbeda dengan har-hari biasanya.

Dalam rangka menyemarakkan Hari Bakti Perbendaharaan beberapa acara telah dilaksanakan sejak tanggal 8 sampai dengan 21 Januari 2016, antara lain Jalan Sehat dengan rute di sekitar KPPN Bitung pada hari Jumat pagi tanggal 8 Januari 2016 dimulai dari Jalan Stadion Dua Sudara melewati Jalan Sarundayang – RSU Bitung dan kembali ke kantor.

Selanjutnya sebagai bentuk pengabdian dan bakti sosial kepada masyarakat setempat telah diadakan kegiatan Donor Darah di Kantor PMI RSU Bitung pada tanggal 16 Januari 2016 dan Kunjungan/Santunan ke Panti Asuhan Muhammadiyah Bitung pada tanggal 21 Januari 2016.   

Dalam rangka memberikan apresiasi atas capaian kinerja terbaik dalam implementasi MPN G2 tahun 2015, telah diberikan Piagam Penghargaan kepada Pimpinan Bank SulutGo Cabang Bitung atas capaian terbesar dalam menghimpun setoran penerimaan negara melalui sistem MPN G2.

Apresiasi juga diberikan kepada Sdr. Roby Nugroho, Staf Seksi VeraKi yang berhak menyandang predikat sebagai The Best Employee KPPN Bitung Tahun 2015. Acara pemberian piagam tersebut dilaksanakan pada acara FGD tanggal 14 Januari 2016.

 

Pin It

Cetak Email