“Bimbingan Teknis Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Satuan Kerja Mitra KPPN Bitung”

Bitung, Selasa-Rabu 19-20 Januari 2016

 

 

Opini WTP menjadi target yang harus dicapai atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2015. Dan untuk mencapai predikat tertinggi tersebut bukanlah perkara mudah. Ditjen Perbendaharaan perlu memberikan perhatian khusus kepada K/L dan satuan kerja dalam proses penyusunan Laporan Keuangan tahun 2015 agar terjaga kualitasnya.

 

LKPP disusun secara berjenjang mulai dari entitas pelaporan tingkatan terbawah yaitu UAKPA (Satker) dimana masing-masing UAKPA harus menyusun Laporan Keuangan Tahun 2015 untuk disampaikan kepada UAPPAW dan selanjutnya ke UAPPA Eselon I K/L masing-masing yang pada gilirannya bermuara pada LKKL di tingkat UAPA.

Untuk mengawal dan menjaga akurasi serta menjamin kualitas LK di tingkat UAKPA agar mampu menghasilkan LK yang akurat valid dan andal, maka perlu diberikan Bimbingan Teknis kepada para petugas/operator di tingkat satker mitra kerja KPPN Bitung.  Bimtek yang dilaksanakan oleh KPPN Bitung ini merupakan tindak lanjut dari Bimtek Pendamping Penyusunan LK yang diadakan oleh BPPK pada tanggal 11-13 Januari 2016 bertempat  di Balai Diklat Keuangan Manado  dan diikuti oleh Kepala Seksi Vera KI dan  1 (satu) orang Staf Seksi Vera KI.

Pelaksanaan Bimtek kepada satuan kerja mitra KPPN Bitung diadakan pada hari Selasa dan Rabu tanggal 19 dan 20 Januari 2016 bertempat di Aula Lantai II  KPPN Bitung. Hari pertama diikuti oleh petugas satker yang berada di wilayah Kota Bitung, sedangkan hari kedua diikuti oleh petugas satker di wilayah Kab. Minahasa Utara dan Kab. Kepulauan Talaud.  Acara bimtek dikemas dalam format yang fleksibel dan agak santai. Hal itu terlihat dari susunan tempat duduk peserta bimtek yang dibuat berbeda agar tercipta interaksi yang maksimal antara narasumber dan peserta bimtek, sehingga diharapkan daya serap materi bimtek diterima maksimal dan narsum bisa berinteraksi langsung dengan masing-masing operator.

 

 

Bertindak sebagai narasumber dalam acara ini adalah Bapak Royke Sumampouw Kepala Seksi Vera KI KPPN Bitung yang membawakan materi “Penyusunan LK yang Ideal dan Perlakuan Akuntansi atas Transaksi Akhir Tahun Anggaran 2015 dalam rangka Penyusunan LKKL Tahun 2015”.

Di sesi berikutnya Saudara Roby Nugroho menyampaikan materi “Jurnal Koreksi pada Laporan Keuangan Satker”. Materi ini lebih mengarah pada proses praktek secara langsung bagaimana melakukan jurnal koreksi pada transaksi LK Satker sehingga mereka lebih memahami proses penyusunan LK tingkat UAKPA. Berikutnya juga disampaikan materi Update Aplikasi SAIBA, SIMAK-BMN dan Persediaan versi terbaru. Pada sesi ini kepada setiap peserta dibimbing secara langsung oleh narasumber dibantu beberapa staf KPPN Bitung, yaitu  Sdr. Bart Orlando Tampomalu dan Sdr Yani Elton Rambi. Sesi ini berlangsung sampai dengan pukul 12.15. dan setelah ISHOMA acara dilanjutkan kembali sampai pukul 15.00 dengan materi Pendampingan Penyusunan LK Satker dimana setiap petugas satker diminta untuk mengisi formulir sesuai kondisi masing-masing satker untuk selanjutnya dilakukan telaahan oleh narasumber dan diberikan bimbingan apa saja yang perlu dilengkapi dalam proses penyusunan LK satker agar dapat menghasilkan Laporan Keuangan yang berkualitas, valid dan andal.  Setelah diberikan Bimtek para peserta bimtek diharapkan mampu menyusun Laporan Keuangan Satker masing-masing dan menyampaikan kepada UAPPAW sesuai dengan jadwal waktu yang ditetapkan.

 

Pin It

Cetak Email