“Sinergi KPPN Bitung – KPP Pratama Bitung Dalam Acara Workshop Pembuatan SPT secara elektronik (e-filling) dan MPN G2”

 

Bitung, Selasa tanggal 23 Februari 2016

  Kemajuan teknologi informasi saat ini telah merambah di hampir semua sisi kehidupan sehar-hari yang dapat dilihat dari kemudahan dalam menjalankan aktifitas pembayaran secara online seperti membayar tagihan listrik, telepon, air, membeli tiket kereta api, pesawat sampai belanja keperluan sehari-hari dilakukan via internet.

 

 

Dalam membayar pajak pun saat ini bisa dilakukan dengan cara lebih mudah praktis dan feksibel. Bayar Pajak,PNBP dan Bea Cukai pun bisa melalui ATM, internet banking maupun EDC seperti membayar tiket pesawat. Kalau pun harus melalui teller Bank atau Pos prosesnya tidak serumit menyetor pajak secara konvensional karena cukup menunjukkan kode “Billing” kepada teller tanpa perlu membawa SSP/SSBC/SSPCP. Masyarakat luas mengenalnya dengan Billing System atau MPN G2 (Modul Penerimaan Negara Generasi Kedua).

Sebagai salah satu bentuk nyata dari sinergi antar-instansi Kementerian Keuangan (KPPN Bitung – KPP Pratama Bitung), telah diselenggarakan acara Workshop Pembuatan SPT secara elektronik (e-filling) dan Penyegaran MPN G2 bagi para Bendahara Satuan Kerja mitra KPPN Bitung pada hari Selasa tanggal 23 Februari 2016 bertempat di Aula KPP Pratama Bitung.

Acara workshop yang diikuti sebanyak 75 orang Bendahara Satker di Kota Bitung, Kab. Manahasa Utara dan Kab. Kepulauan Talaud ini terselenggara atas dukungan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulut dan Kepala Kanwil Ditjen Pajak Suluttenggomalut dan dimaksudkan untuk memberikan bimbingan teknis kepada para Bendahara Satker tentang Tata Cara Pengisian SPT atas Pajak-Pajak yang telah dipungut/disetor pada tahun 2015 yang wajib dilaporkan ke KPP Pratama paling lambat tanggal 31 Maret 2016. Pengisian SPT diharapkan dapat seluruhnya dilakukan secara elektronik melalui aplikasi e-filling yang dapat diakses melalui djponline.

Di samping itu, kegiatan ini juga memberikan penyegaran kembali kepada para Bendahara Satker tentang Tata Cara Penyetoran Pajak/PNBP/Bea Cukai secara elektronik (MPN G2), karena dalam perkembangannya banyak bendahara satker yang baru diangkat dan belum mengimplementasikan penyetoran secara elektronik (MPN G2).  

 Acara Workshop ini dibuka secara resmi oleh Kepala KPP Pratama Bitung Bapak Simon Petrus Siwi yang dalam arahannya menyampaikan arti pentingnya pemungutan pajak oleh Bendahara instansi sekaligus menyampaikan pelaporannya setelah tahun pajak 2015 berakhir. Beliau juga menjelaskan beberapa kemudahan dalam pembuatan SPT yang beberapa tahun terakhir telah dapat dilaksanakan secara elektronik (e-filling). KPP Pratama Bitung beserta seluruh jajarannya siap untuk membantu para Bendahara Satker dalam pembuatan SPT secara manual maupun elektronik.

Sedangkan Kepala KPPN Bitung Bapak Eko Permono Adi  dalam paparannya dihadapan peserta workshop menyampaikan capaian kinerja setoran melalui MPN G2 selama periode          1 Januari s.d. 22 Februari 2016 telah menunjukkan hasil yang sangat memuaskan. Sebanyak 3.513 transaksi setoran PNBP/Pajak dan BC dengan nilai nominal sebesar Rp 61,84 Milyar telah berhasil dibukukan Kas Negara. Nilai tersebut setara dengan 30% jumlah setoran via MPN G2 selama satu tahun anggaran 2015.   Ini sangat menggembirakan, karena belum genap 2 bulan tahun 2016 berjalan, setoran MPN G2 sudah cukup tinggi nilainya. Bahkan saat ini KPPN Bitung sudah jarang menerima LHP versi MPN G1 dari Bank/Pos Persepsi, karena sebagian besar telah beralih ke setoran MPN G2.

Mulai 1 Januari 2016 Bank Swasta mitra KPPN tidak lagi menerima setoran secara konvensional melalui MPN G1, dan hanya Bank BUMN/Bank SulutGo yang masih diijinkan menerimanya sampai dengan tanggal 31 Juni 2016.  Mulai 1 Juli 2016 semua jenis setoran harus melalui MPN G2 di semua bank/kantor pos. 

 

Bertindak selaku narasumber materi MPN G2 dalam workshop ini adalah Sdr. Roby Nugroho staf Seksi Veraki KPPN Bitung  bersama-sama dengan narasumber dari KPP Pratama Bitung Sdr. Syaiful.  Sedangkan materi tata cara pembuatan SPT secara elektronik dibawakan oleh narasumber dari KPP Pratama Bitung Sdr. Zaki.

Para Bendahara dapat berinteraksi secara aktif dalam acara workshop ini dengan para narasumber karena pemaparan materi bersifat praktis dan langsung bisa dicoba saat itu, sehingga bila ada kesulitan akan mendapatkan bimbingan dari narasumber.

Diharapkan setelah mengikuti workshop ini para bendahara mampu mengajarkan cara pembuatan SPT secara elektronik (e-filling) kepada para pegawai di satkernya serta mampu melakukan penyetoran pajak/PNBP secara elektronik melalui MPN G2.

Acara workshop berlangsung sejak pukul 09.00 sampai dengan pukul 13.30 WITA.  

 

 

 

 

 

Pin It

Cetak Email