Capacity Building Bersama Kanwil DJPB Provinsi Sulut – KPPN Bitung dan KPPN Manado

Likupang, Minahasa Utara,  Sabtu, 23 April 2016

 

Sinergi, kebersamaan dan kerja sama antar elemen pegawai di setiap tingkatan menjadi kata kunci untuk keberhasilan dalam pencapaian kinerja organisasi yang maksimal dan berkualitas. Ditunjang dengan pelayanan prima (service excellence) maka diharapkan akan mampu memberikan kepuasan yan tinggi kepada stakeholdersyang dilayani.

 

 

Dalam rangka menjaga dan meningkatkansinergi, kebersamaan dan kerja samapara pegawai lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulut, KPPN Bitung dan KPPN Manado dalam menghadapi tantangan tugas yang semakin meningkat menjelang semester I tahun 2016 diperlukan kegiatan bersama yang mampu menumbuhkan kembali rasa kebersamaan dan kerja sama tersebut dalam bentuk kegiatan Capacity Building. Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulut bertindak sebagai inisiator sekaligus koordinator atas pelaksanaan kegiatan yang melibatkan 3 (tiga) kantor vertikal Ditjen Perbendaharaan di Provinsi Sulut.

Pemilihan lokasi Capacity Building  di Casabaio Paradise Likupang Resort di wilayah Kabupaten Minahasa Utara selain memiliki pemandangan yang indah di Pantai Paradise, juga lokasinya berada di tengah-tengah antara kota Manado dan Kota Bitung, sehingga mampu dijangkau dengan mudah dari Manado maupun Bitung.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 April 2016 mulai pukul 08.30 sampai dengan 13.00 wita diikuti oleh semua pegawai Kanwil DJPB Provinsi Sulut, KPPN Bitung dan KPPN Manado termasuk para pegawai honorer.  Acara dibuka oleh Kepala Kanwil DJPB Provinsi Sulut Bapak Sulaimansyah dengan memberikan sambutan singkat sebagai penyemangat bagi peserta yang akan mengikuti kegiatan Capacity Building tersebut.

Pada sesi pertama, sebagai pemanasan dilaksanakan senam Zumba yang diikuti semua pegawai dengan penuh kegairahan.  Selanjutnya pada sesi berikutnya dilanjutkan dengan permainan/game- game yang dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menumbuhkan semangat berkompetisi antar kelompok sekaligus membangun kekompakan dan kerja sama di masing-masing kelompok untuk mencapai hasil yang terbaik.  Semua pegawai berpartisipasi dengan penuh semangat dan antusias dalam mengikuti game-game yang dipandu oleh instruktur profesional. Setiap kelompok berupaya  menampilkan semangat dan gairah yang tinggi menjadi tim yang terbaik diantara semua kelompok. Semangat berkompetisi yang tinggi diantara peserta sangat terlihat untuk memenangkan setiap game, namun tetap menjunjung tinggi nilai sportivitas dalam meraih kemenangan.

Pada akhirnya, tim yang paling kompak dan paling cepat lah yang mendapatkan nilai tertinggi dan berhak mendapatkan sovenir dari penyelenggara kegiatan.  Di sesi akhir acara, semua kelompok berbaur menjadi satu tim dengan dipimpin oleh Bapak Kepala Kanwil DJPB Provinsi Sulut untuk mengikuti game terakhir yaitu menyalakan obor dari sebatang lilin yang dibawa oleh Bapak Kakanwil  yang dikawal oleh semua peserta, sementara sebagian peserta lainnya bertindak selaku musuh yang berupaya menghalangi perjalanan lilin ke tempat obor (finish) dengan cara melemparkan air dalam plastik ke arah lilin yang dikawal dan dilindungi peserta tersebut. Pengawal harus mampu menangkis lemparan air agar tidak mengenai lilin yang bisa mengakibatkan lilin mati sebelum sampai garis finish. Pengawal harus berkorban dengan berbasah-ria menerima lemparan air dari musuh. Alhamdulillah, berkat kekompakan, kebersamaan, sinergi dan kerja sama yang baik, obor di titik finish akhirnya  berhasil dinyalakan dengan sukses.

Permainan selesai, setiap peserta puas dan larut dalam kegembiraan serta kembali ke tempat masing-masing dengan membawa semangat kebersamaan, kerja sama dan sinergi untuk diimplementasikan dalam kegiatan pelayanan di kantor masing dalam rangka mencapai kinerja terbaik jajaran Kanwil DJPB Provinsi Sulut di masa mendatang.

Bravo Kanwl DJPB Provinsi Sulut... Bravo KPPN Bitung... Bravo KPPN Manado.. Ayoo kita wujudkan Pelayanan Prima kepada stakeholders di kantor kita masing-masing...

 

Pin It

Cetak Email