“Penyerahan DIPA Tahun Anggaran 2017 Satuan Kerja Mitra KPPN Bitung”

Bitung, Selasa 20 Desember 2016

 

Menjelang hari-hari terakhir batas penerimaan SPM akhir tahun anggaran 2016, KPPN Bitung diberikan amanah oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan untuk melaksanakan kegiatan Penyerahan DIPA TA 2017 kepada satuan kerja mitra kerja KPPN Bitung.  Kegiatan kali ini dirasakan cukup istimewa dan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena dihadiri oleh Wakil Wali Kota Bitung Bapak Maurits Mantiri dan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulut Bapak Sulaimansyah.

 

Penyerahan DIPA Tahun 2017 yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 20 Desember 2016 ini dimaksudkan agar satuan kerja dapat melakukan persiapan pelaksanaan anggaran tahun 2017 secara lebih dini. Sebagaimana pesan Bapak Sulaimansyah dalam paparannya dihadapan tamu undangan. Beliau disamping menyampaikan materi Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Tahun 2016 juga memaparkan langkah-langkah strategis yang perlu segera dilakukan Satker dalam rangka mempercepat proses pelaksanaan anggaran Tahun 2017.

Di tahun anggaran 2017, KPPN Bitung menerima DIPA sebanyak 67 DIPA  (turun 10 DIPA) dengan rincian DIPA KD/Kantor Daerah (63) DIPA TP (2) dan DIPA UB (2) dengan Total Pagu sebesar Rp 601,28 milyar atau turun sebesar 155,20 milyar dibandingkan dengan Total Pagu DIPA TA 2016.

Adapun 5 (lima) satuan kerja yang mempunyai pagu DIPA tertinggi adalah :

a.       Bandara Melonguane      : Rp 64,56 M

b.      Distrik Navigasi Manado/Bitung  : Rp 53,19 M

c.       Polres Bitung                                       :  Rp 45,89 M

d.      Polres Minut                                        :  Rp 36,36 M

e.      Pangkalan Pengawasan SDKP Bitung  :  Rp 32,78 M

Dua  satker dengan Kementerian Perhubungan memiliki DIPA dengan jumlah pagu tertinggi, diikuti Kepolisian Negara RI dan  Kementerian Kelautan dan Perikanan.

 

Penyerahan DIPA secara simbolis dilakukan oleh Wakil Walikota Bitung Bapak Maurits Mantiri kepada 5 (lima) Satker yang mewakili Satker yang berada di wilayah Kota Bitung, Kabupaten Mnahasa Utara dan Kabupaten Kepulauan Talaud .  Dalam sambuatannya seusai penyerahan DIPA 2017, Wakil Walikota Bitung berpesan kepada Satuan Kerja mitra KPPN Bitung untuk segera melaksanakan kegiatan anggaran sesuai rencana yang telah dituangkan dalam DIPA masing-masing, dan senantiasa menjalin sinergi dan koordinasi dengan Pemerintah Daerah agar tercipta kerja sama dan kolaborasi yang baik antara APBN dan APBD  dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah.    

 

Sebagai bentuk apresiasi atas capaian kinerja anggaran  sepanjang tahun 2016, KPPN Bitung memberikan Piagam Penghargaan kepada 3 satuan kerja yang mendapatkan nilai tertinggi diukur dari beberapa parameter baik dalam Perencanaan Anggaran, Pelaksanaan Anggaran maupun Pertanggungjawaban Anggaran. Sebagai Peringkat I diraih oleh Satker Bandar Udara Melonguane, peringkat II Poltek Kelautan dan Perikanan Bitung dan peringkat III Satker KSOP Bitung.

 

Pada kesempatan berikutnya dilaksanakan penandatanganan Pakta Integritas antara Kepala KPPN Bitung Bapak Eko Permono Adi dengan beberapa KPA/Kepala Satker mitra kerja yang disaksikan oleh Bapak Wakil Walikota Bitung dan Kepala Kanwil DJPB Provinsi Sulut. Penandatangani Pakta Integritas ini merupakan perwujudan nyata dalam membangun komitmen bersama antara KPPN dengan Satker untuk menunjung tinggi nilai-nilai integritas dan sebagai upaya pencegahan perbuatan KKN dalam memperoleh layanan KPPN Bitung.

 

Acara ini ditutup dengan foto bersama dan ramah tamah pada pukul 11.45 WITA.

 

Pin It

Cetak Email