“Workshop dan BimTek Pendamping Penyusunan Laporan Keuangan Tahun 2016 Satuan Kerja Mitra KPPN Bitung”

Bitung, Rabu-Kamis 18-19 Januari 2017

 

Target Opini WTP dari BPK-RI harus dapat dicapai atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2016 mengingat target tersebut belum mampu direalisasikan pada LKPP tahun 2015. Ini merupakan tantangan berat dan tidak mudah dicapai begitu saja tanpa kerja keras semua stakeholders yang terlibat. Dalam hal ini Ditjen Perbendaharaan perlu memberikan perhatian khusus kepada satuan kerja K/L  dalam mewujudkan penyusunan Laporan Keuangan tahun 2016 yang berkualitas.

 

LKPP disusun secara berjenjang mulai dari entitas pelaporan tingkatan terbawah yaitu UAKPA (Satker) dimana masing-masing UAKPA harus menyusun Laporan Keuangan Tahun 2016 untuk disampaikan kepada UAPPAW dan selanjutnya ke UAPPA Eselon I K/L masing-masing yang pada gilirannya bermuara pada LKKL di tingkat UAPA.

Untuk mengawal dan menjaga akurasi serta menjamin kualitas LK di tingkat UAKPA agar mampu menghasilkan LK yang akurat valid dan andal, maka dipandang perlu memberikan Bimbingan Teknis kepada para petugas/operator di tingkat satker mitra kerja KPPN Bitung.  Bimtek yang dilaksanakan oleh KPPN Bitung dalam format Workshop dan Bimtek ini merupakan tindak lanjut dari Bimtek Pendamping Penyusunan LK yang diadakan oleh BPPK pada tanggal 9-13 Januari 2017 bertempat  di Balai Diklat Keuangan Manado  dan diikuti oleh Kepala Seksi Vera KI dan  1 (satu) orang Staf Seksi Vera KI.

Pelaksanaan Workshop dan Bimtek Pendamping kepada satuan kerja mitra KPPN Bitung diadakan pada hari Rabu dan Kamis tanggal 18-19 Januari 2017 bertempat di Aula Lantai II  KPPN Bitung. Hari pertama diikuti oleh petugas satker yang berada di wilayah Kota Bitung, sedangkan hari kedua diikuti oleh petugas satker di wilayah Kab. Minahasa Utara dan Kab. Kepulauan Talaud.  Acara Workshop /Bimtek ini dikemas dalam format yang fleksibel dan interaktif dengan maksud agar tercipta suasana interaksi yang maksimal antara narasumber dan peserta bimtek, sehingga diharapkan daya serap materi bimtek diterima maksimal dan pada giliranya para operator mampu menerapkan hasil bimtek ini dalam penyusunan Laporan Keuangan di satker masing-masing.

 

Bertindak sebagai narasumber dalam acara ini adalah Bapak Royke Sumampouw Kepala Seksi Vera KI KPPN Bitung, Bapak Roby Nugroho dan Bapak Plato Manik staf Seksi Vera KI, serta dibantu oleh Bapak Bart Orlando Tampomalu, staf Seksi Bank. Kegiatan ini dibagi dalam dua Sesi, dimana Sesi pertama dimulai sejak pukul 09.30 sampai dengan 12.00 WITA dan dilanjutkan Sesi kedua setelah ISHOMA sampai dengan pukul 15.30 WITA. Masing-masing peserta diberikan bimbingan cara menelaah  laporan keuangan yang disusunnya secara mandiri dengan menggunakan alat bantu cek list Kertas Kerja Telaah Laporan Keuangan untuk mengetahui kelengkapan dokumen laporan keuangan yang disusun, kesesuaian dengan persamaan dasar akuntansi dan kesesuaian migrasi saldo awal serta neraca percobaan.  Harapannya, para peserta bimtek akan mampu menyusun Laporan Keuangan Satker yang andal, akurat, valid serta mampu mengirim kepada UAPPAW sesuai dengan jadwal waktu yang ditetapkan.


Pin It

Cetak Email