“Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2017 : Ciptakan Inovasi untuk Simplifikasi dan Efisiensi”

Bitung, Sepanjang Bulan Januari  2017

 

Bulan Januari selalu menjadi bulan yang sangat spesial bagi Insan Perbendaharaan seluruh Indonesia, Mulai dari Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan yang berlokasi di Lapangan Banteng Timur Jakarta hingga ke kantor-kantor vertikal yang tersebar dari ujung timur sampai ujung barat Indonesia sangat antusias untuk mengadakan berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Bakti Perbendaharaan tahun 2017.

Tanggal 14 Januari merupakan tanggal bersejarah bagi terbentuknya organisasi Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Tanggal 14 Januari 2004 adalah tanggal diundangkannya                   UU Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara pada Lembaran Negara RI dan mulai saat itu Ditjen Perbendaharaan ditetapkan sebagai Bendahara Umum Negara dalam pengelolaan Keuangan Negara.

Mengapa Hari Bakti,  bukan Hari Ulang Tahun?  Tentunya ini mengandung makna lebih dalam daripada sekedar perayaan ulang tahun biasa. Hari Bakti merupakan ajang bagi Insan Perbendaharaan seluruh Indonesia untuk mangaktualisasikan pengabdiannya kepada masyarakat setempat di mana insan Perbendaharaan hadir dan berkarya mengemban amanah selaku pengelola APBN dalam menjalankan tugas negara untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Di tahun 2017, dengan mengusung tema : “Ciptakan Inovasi untuk Simplifikasi dan Efisiensi” berbagai kegiatan diadakan dalam rangka memeriahkan Hari Bakti Perbendaharaan.

Perbendaharaan Peduli diwujudkan dengan kegiatan Donor Darah pada hari Rabu  11 Januari 2017 di PMI Unit Layanan RSU Bitung. Ini sebagai bentuk kepedulian kepada sesama manusia terutama bagi mereka yang sedang memerlukan transfusi darah.

Disamping itu sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, pada hari Jumat 13 Januari 2017 diadakan kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar kantor KPPN Bitung.

Refleksi (Tasyakuran) Hari Bakti Perbendaharaan tahun 2017 diadakan pada hari Senin tanggal 16 Januari 2017 di Aula KPPN Bitung dengan mengundang perwakilan stakeholders untuk hadir dalam acara Lokakarya dengan tema : “Meningkatkan Peran Direktorat Jenderal Perbendaharan sebagai Katalisator Modernisasi dan Reformasi Birokrasi” . Kagiatan ini cukup istimewa karena semua Pejabat Eselon III dan IV serta beberapa pegawai yang bertugas di FO mengenakan pakaian Adat Bitung. Sejatinya para pegawai KPPN Bitung merupakan Pegawai Negeri Pusat yang berasal dari berbagai daerah dan suku bangsa di Indonesia namun tetap peduli dengan kearifan lokal dalam rangka melestarikan budaya lokal. Dalam kegiatan Lokakarya ini, bertindak selaku Narasumber adalah Bapak Akhmad Zainuddin Kepala Seksi PDMS, dan dimoderatori oleh Bapak Irawan Tri Nugroho Kepala Subbag Umum. Selain memberikan paparan terkait kiprah Ditjen Perbendaharaan negeri tercinta Indonesia, kepada tamu undangan juga diputarkan video Capaian Prestasi DJPB dengan maksud memberikan inspirasi bagi satuan kerja mitra KPPN Bitung untuk meningkatkan kualitas layanan dengan mencetuskan ide dan inovasi baru dalam rangka mempermudah dan mempercepat proses layanan kepada stakeholders.


Pada siang hari di tanggal sama sama, bekerja sama dengan BNN Kota Bitung diadakan kegiatan Tes Anti Narkoba kepada semua pegawai KPPN Bitung termasuk PPNPN. Ini sebagai implementasi penerapan Nilai-Nilai Keuangan khususnya Integritas dimana hasil tes menunjukkan bahwa semua pegawai KPPN Bitung dinyatakan Negatif Narkoba, berarti semua pegawai dinyatakan mampu menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan tidak ada yang melanggar kode etik pegawai.

Pada sesi berikutnya setelah  acara Tes Anti Narkoba, semua pegawai menyaksikan tayangan video dan mendengarkan pidato sambutan Ibu Menteri Keuangan serta pesan-pesan Bapak Dirjen Perbendaharaan dalam menyambut Hari Bakti Perbendaharaan tahun 2017.

 

Perbendaharaan Sehat, sebuah kegiatan olah raga untuk menjaga kebugaran tubuh diadakan pada hari Jumat pagi tanggal 20 Januari 2017. Dengan mengundang beberapa orang perwakilan satker yang berlokasi di sekitar KPPN Bitung, dilaksanakan Senam Zumba dan senam aerobik di halaman depan KPPN Bitung.    

Gerakan Green Office, sebuah kegiatan dalam rangka menyemarakkan lingkungan kantor dengan tumbuhan hijau, diadakan gerakan penanaman pohon penghijauan di lingkungan kantor pada hari Jumat pagi tanggal 27 Januari 2017. Diharapkan dalam beberapa tahun ke depan lingkungan kantor akan semakin asri dan hijau.

 

Pada sore harinya, dengan bertempat di Ruang Rapat KPPN Bitung, dihelat acara Perbendaharaan Berbagi,  yaitu suatu kegiatan pemberian santunan kepada para PPNPN yang bekerja di KPPN Bitung. Ini sebagai wujud nyata kepedulian para pegawai dalam berbagi rejeki untuk membantu para PPNPN yang selama ini telah menjadi bagian keluarga besar KPPN Bitung dan telah bekerja bersama-sama dalam rangka ikut menyukseskan pemberian layanan kepada mitra kerja secara berkualitas.  

 

Perbendaharaan Menyapa.  Sebagai pemuncak sekaligus pemungkas dari seluruh rangkaian acara Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2017, dilaksanakan kegiatan Perbendaharaan Menyapa bertempat di SMK Negeri 1 Bitung pada hari Senin tanggal 30 Januari 2017. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai peran, tugas dan fungsi Ditjen Perbendaharaan bagi Negeri tercinta Indonesia beserta capaian prestasi yang telah diraih, sekaligus juga ajang untuk mengenalkan Pendidikan Tinggi Kedinasan PKN STAN kepada para siswa siswa Kelas 12 yang berminat untuk melanjutkan jenjang pendidikan tinggi setelah lulus nantinya, melalui jalur Ikatan Dinas Pendidikan Kedinasan di Kementerian Keuangan. Diharapkan akan muncul kader-kader muda dari Kota Bitung dan Sulawesi Utara yang akan mampu menjadi generasi penerus para pegawai senior Kementerian Keuangan.

 

 

Pin It

Cetak Email