KPPN Bitung Selenggarakan Excellent Service Training Untuk Tingkatkan Kualitas Pelayanan

"Selamat Pagi Pak"
"Ada Yang Bisa Saya Bantu?"

Itulah sepenggal dialog dalam role play pelatihan excellent service pada tanggal 29 Mei 2017 yang diikuti oleh seluruh pegawai KPPN Bitung. Bekerja sama dengan Kanwil BRI Manado, KPPN Bitung pada tahun 2017 kembali menggelar kegiatan pelatihan excellent service bagi pada pegawai untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada mitra kerja. Acara yang dilaksanakan pada saat para pegawai tengah menjalankan ibadah puasa tersebut berlangsung dengan baik dan diikuti dengan penuh semangat yang kemudian ditutup dengan acara buka puasa bersama.

Trainer dari Kanwil BRI Manado, dalam paparannya menyatakan bahwa aspek human (SDM) memegang peranan penting dalam memberian pelayanan prima kepada pelanggan, disamping aspek-aspek lain seperti sarana prasarana layanan dan dukungan teknologi informasi. Oleh karena itu kemampuan pegawai dalam memberikan pelayanan yang mengesankan kepada mitra kerja harus senantiasa dijaga agar tetap pada level terbaik yang salah satunya dengan menyelenggarakan training secara berkala untuk me-refresh kembali pemahaman pegawai tentang excellent service kepada pelanggan atau mitra kerja.

Untuk lebih memberikan pemahaman secara praktis tentang bagaimana cara memberikan pelayanan kepada mitra kerja,  para pegawai (khususnya petugas front office) diminta mempraktikkan materi training dalam bentuk role play. Satu persatu para pegawai mencoba mempraktikkan cara memberikan excellent service kepada pelanggan atau mitra kerja, mulai dari sambutan oleh petugas satpam dalam memberikan petunjuk awal, dilanjutkan dengan sambutan oleh petugas FO, sampai dengan selesainya pemberian pelayanan. Sesi role play tersebut dipandu secara langsung oleh trainer Kanwil BRI Manado dan kemudian diberikan penilaian oleh para pegawai lainnya. Setelah diberikan pelatihan excellent service, diharapkan ke depan kualitas pelayanan kepada mitra kerja KPPN Bitung dapat semakin meningkat, tidak hanya sampai memuaskan, melainkan juga mengesankan.       

Pin It

Cetak Email