Help Center

Pekerjaan Konsultan Perencana Konstruksi senilai 50 juta kebawah apakah bisa non kontraktual?

Sesuai ketentuan Perpres 16 tahun 2018, untuk pekerjaan konstruksi, konsultan perencana konstruksi, dan konsultan pengawasan konstruksi harus menggunakan SPK/Kontrak. Jadi untuk jenis pekerjaan tersebut harus kontraktual tanpa ada batasan nilai, sedangkan ketentuan tentang pekerjaan senilai 50 juta bisa ke bawah bisa menggunakan mekanisme SPM-LS non kontraktual berlaku untuk pengadaan barang dan jasa lainnya.

Bagaimana cara pembuatan SPM dengan dana PNBP terpusat, apakah sama dengan PNBP tidak terpusat?

Teknis pembuatan SPM dana PNBP (terpusat ataupun tidak terpusat) tidak berbeda dengan SPM lainnya, hanya saja pada kolom sumber dana diisi PNP. SPM PNBP tidak terpusat dilampiri Daftar Perhitungan MP dan bukti setor PNBP yang telah dikonfirmasi, sedangkan pada SPM PNBP terpusat tidak memerlukan perhitungan MP. MP PNBP terpusat berpedoman pada SE penetapan MP dari Dirjen Perbendaharaan.yang tidak boleh dilampaui.

Apakah bisa dalam satu satker yang semula pembayaran gajinya melalui Bank Mandiri, lalu ada satu pegawai yang ganti rekening ke BRI?

Berdasarkan Surat Direktur PKN S-1340/PB.3/2016 tanggal 16 Februari 2016, diatur bahwa pengajuan gaji pada setiap satker dapat dilakukan melalui lebih dari 1 bank umum. Dalam hal lebih dari 1 bank penyalur gaji, maka harus terdiri dari bank umum konvensional dan bank umum syariah. Jumlah bank umum penyalur gaji pada 1 satker paling banyak 3 bank dengan komposisi 1 bank umum konvensional dan 2 bank umum syariah.