Petunjuk Reviu RPD Bulanan

Masih banyak satker dalam wilayah kerja KPPN Bitung yang belum memahami tentang Reviu RPD Bulanan yang dilakukan setiap triwulan.

Berikut ini kami jelaskan tentang teknis Reviu RPD Bulanan yang dilaksanakan setiap Triwulan oleh KPPN Bitung.

  1. Setiap satker pada saat penyusunan anggaran sebenarnya sudah menetapkan RPD Bulanan yang  tertuang pada Hal III DIPA.

  2. Dalam perjalanannya, ternyata RPD Bulanan pada Hal III DIPA tersebut sering tidak sesuai dengan realisasinya yang disebabkan banyak hal.

  3. Menindaklanjuti tidak sesuainya RPD Bulanan dengan realisasinya tersebut, setiap Triwulan satker diminta menyesuaikan kembali RPD Bulanannya, dengan cara :

    • Menyusun kembali rencana kegiatan sampai dengan akhir tahun, sehingga diperoleh angka Rencana Penarikan Dana (RPD) Bulanan yang baru.

    • Menyesuaikan RPD Bulanan periode yang sudah dilalui berdasarkan realisasi anggaran yang telah dicapai (tanpa pembulatan). Untuk periode yang belum dijalani, RPD Bulanan disesuaikan dengan penyesuaian RPD Bulanan sebagai hasil atas penyesuaian rencana kegiatan di atas.

  4. Teknis pelaksanaan Reviu RPD Bulanan di KPPN Bitung :

    • Satker hanya meng-input data RPD Bulanan yang baru pada Sheet 1 file excel yang sudah dikirimkan via email oleh KPPN Bitung. Form reviu RPD dalam format excel dan surat pengantarnya bisa diunduh melalui menu Download – Surat dan Pengumuman pada website kppnbitung.net (Klik disini).

    • Secara otomatis, angka RPD Bulanan yang sudah terekam pada Sheet 1 tersebut, tertuang ke Kertas Kerja pada Sheet 2 dan Sheet 3. Satker hanya mengecek pada kolom selisih apakah masih terdapat selisih atau tidak.

    • Apabila masih terdaoat selisih pada Kolom Selisih, maka dilakukan penyesuaian kembali RPD Bulanan pada Sheet 1.

    • Satker menuangkan permasalahan dan rekomendasi tindak lanjut pada Kertas Kerja Analisis Ringkas di Sheet 4.

    • Apabila kolom selisih pada Sheet 2 dan Sheet 3 sudah menunjukkan angka “Nihil” Satker langsung cetak Kertas Kerja pada Sheet 2, Sheet 3, dan Sheet 4, serta ditandatangani dan disampaikan kembali ke KPPN Bitung via email (file scan) atau diantar secara langsung paling lambat 5 hari kerja setelah triwulan berakhir.

    • Untuk memudahkan kompilasi data, satker diminta terlebih dahulu mengirim balik file excel reviu RPD ke KPPN untuk diupload ke Portal Monev Pelaksanaan Anggaran paling lambat 3 hari kerja setelah triwulan berakhir.

  5. Satker menyampaikan Usulan Revisi Halaman III DIPA ke Kanwil DJPBN.

Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

Pin It

Cetak Email